Wednesday, May 31, 2000

Sekilas mata perkembangan animasi di Indonesia

posted by Deswara Aulia at Indo3d mailing list

Saya masuk ke industri ini dalam keadaan buta, sehingga saya memutuskan untuk mengetahui kondisi yang ada seputar animasi di Indonesia. maka saya memulai perjalanan keliling saya ke berbagai post produksi yang ada di jakarta dan Bandung. Tercatat di antaranya Castle Production, Eltra Studio, Post Office, Mirage, Piramid, Mocca, GarpuTala Communication, Pixel Effect, DOT, dan Animagic studio, serta Red Rocket Animation, serta InArts Multimedia di Bandung. Tidak lupa saya berkunjung ke para freelancer seperti Helmi, Patar, dan rekan-rekan lainnya.

Dari perjalanan ini saya mendapatkan beberapa hal, mengenai perkembangan dunia animasi di Indonesia, khususnya 3D, diantaranya adalah :
1. Para Animator belum relatif saling kenal satu dengan lainnya. Baik diantara pelaku yang sudah lama berkecimpung maupun yang baru saja masuk ke dunia animasi.
2. Belum kompaknya rasa kebersamaan para animator terhadap nasib bersama, berhubungan dengan gaji, kesejahteraan di tempat kerja, fasilitas yang memadai dan kesempatan industri animasi secara luas.
3. Belum adanya kesadaran untuk membangun industri ini secara bersama.
4. Ada rasa saling curiga mencurigai sesama animator yang ada, hal ini berhubungan dengan tingkat persaingan bisnis dan belum adanya sosialisasi antara para animator.
5. Kebanyakan animator berfikir secara detail namun kurang pemahamannya terhadap hal-hal yang bersifat umum mengenai permasalahan yang terjadi di dunia animasi Indonesia.

Dari sinilah timbul ide untuk mengadakan acara Animator Forum yang saat ini sudah ada di Jakarta Bandung dengan Total Audience hampir mencapai 80 orang. Ide ini timbul setelah ada kesimpulan bahwa memulai sosialisasi secara informal lebih diminati oleh masyarakat kita dibandingkan membangun organisasi formal. Saya harapkan animator Forum bisa berjalan lebih baik lagi di kemudian hari.

Di sisi lain, kemampuan para animator secara teknis cukup baik. Saya sendiri pernah menulis beberapa artikel (FrameStore di majalah Asia Image) Terlihat mereka sendiri cukup kaget (dalam batas tertentu) melihat karya-karya animasi yang ada. Sayangnya editor Asia Image belum menghubungi saya lebih lanjut.

Di ujung kata saya merasa beruntung bisa kenal dengan sebagian besar animator yang ada di Jakarta dan Bandung, baik 3D maupun 2D, tetapi sekaligus merasa lelah capai dan juga bosan. Akhirnya saya putuskan untuk mengurangi aktifitas saya dan mundur sementara untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang bersifat pribadi dan karier. Animator Forum sendiri sudah mempunyai kepanitiaan yang memungkinkan saya melepaskan sebagian beban saya.

Saya akan mengamati perkembangan animasi dari luar untuk sementara. Untuk rekan-rekan lainnya selamat berjuang terus. Dan terima kasih atas segala persahabatan yang ditawarkan kepada saya selama ini. Maju terus animasi Indonesia....


DeZ the Man.

No comments:

Post a Comment